-->

Bahaya yang Mengintai Jika Kamu Download Aplikasi di Sembarang Situs

Mengunduh aplikasi di smartphone Android sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan nama aplikasi di mesin pencari Google dan memilih salah satu situs yang muncul. Namun, kamu perlu waspada karena mengunduh aplikasi dari sembarang situs bisa sangat berbahaya.

Bahaya yang Mengintai Jika Mengunduh Aplikasi dari Sumber Tidak Terpercaya

Menurut sebuah studi terbaru dari Trend Micro yang dilansir oleh Beebom, aplikasi berbahaya sering kali berasal dari sumber pihak ketiga. Aplikasi dari sumber tersebut banyak mengandung malware yang terdeteksi sebagai ANDROIDOS_LIBSKIN.A.

Selain itu, Cheetah Mobile Security Lab mengambil sampel dari beberapa sumber aplikasi pihak ketiga dan menemukan fakta menarik. Dikatakan bahwa sebagian besar aplikasi game populer dari sumber tersebut mengandung kode rahasia yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat mengancam smartphone kamu:

  1. Diarahkan ke Situs Berbahaya Ketika kamu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, kamu akan menerima banyak iklan yang mengganggu. Jika kamu tidak sengaja menyentuh iklan tersebut, kamu bisa diarahkan ke situs berbahaya. Di sana, jika kamu mengunduh aplikasi, kamu bisa mengizinkan malware untuk mengakses penyimpanan, identitas ponsel, lokasi, kontak, hingga alamat IP.

  2. Aplikasi Dikemas Ulang Pelaku kejahatan sering mengemas ulang aplikasi yang populer. Mereka menambahkan berbagai kode berbahaya tanpa sepengetahuan pengguna. Dari antarmuka, ikon, hingga label aplikasi dibuat sama seperti aslinya. Aplikasi kemasan ulang ini bisa membuat smartphone Android kamu mengaktifkan GPS tanpa izin, mengirim SMS ke nomor-nomor premium, meroot perangkat, dan lain sebagainya.

Masih mau mengunduh aplikasi dari sembarang situs yang tidak terpercaya? Bagikan artikel ini agar teman-teman kamu juga tahu bahaya yang mengintai jika mengunduh aplikasi dari sumber tidak terpercaya.


Sumber : Jalan Tikus

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel